Friday, July 12, 2013

Pentingkah Ngabuburit?



Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh. 

Gimana kabarnya semua? Cacing di perut udah Harlem shake? Mata udah kunang-kunang? Atau udah kejang-kejang? Sabar ya. Buka puasa tinggal beberapa jam lagi kok. Biar gak bosan,sambil makan nasi Padang aja. Biar gak terasa.


Oke,kali ini saya Pecandu Nasi yang Budiman  mau ngebahas tentang ngabuburit. Apakah ngabuburit itu? jika kita lihat di KBBI kita gak bakal bisa nemuin kata ini. Palingan nanti nemunya “burit” yang artinya udah sama-sama kita tau.

Nah,jadi ngabuburit ini ternyata istilah. Kalo di daerah saya,artinya adalah keluar rumah buat jalan-jalan,naek motor keliling kota,pokoknya ngabisin waktu diluar rumah buat nunggu bedug bunyi.

Pentingkah ngabuburit?
Jika ngabuburit yang dimaksud adalah seperti yang saya katakan tadi kayaknya gak begitu penting ya. Ada banyak kegiatan lain yang lebih berguna dari sekedar jalan-jalan keluar rumah. Kegiatan apa aja? Langsung aja disimak :

1. Baca Al-Qur’an
Menjelang buka puasa adalah saat-saat krusial. Buat orang yang lemah iman,biasanya udah mulai ngelirik-lirik es teh di atas meja. Nah,bukankah lebih baik kita mengisi waktu dengan hal yang berguna? Yaitu membaca Al-Qur’an an dzikir. Apalagi dengan membaca Al-Qur’an biasanya perasaan jadi tenang dan teduh. Selain itu kita juga bisa memperbaiki bacaan serta hapalan yang sudah tergerus dengan kesibukan selama ini. Ditambah lagi ini merupakan Bulan suci Ramadhan,Bulan yang Cuma 1 kali satu tahun, kayaknya gak banding lah pahalanya baca Al-Qur’an sama keluar rumah buat hal yang gak jelas itu. Bedanya kayak dasar laut sama atap langit,atau kayak muka saya sama muka Cristian Sugiono. Iya,beda jauh. Hiks.

2. Bantu orangtua
Sebelum berbuka pasti banyak yang harus dipersiapkan,mulai dari masak bukaan,bersih-bersih rumah,dan lain-lain. Jauh lebih baik kan kalo kita bantu orangtua. Selain nambah pahala,juga buat orangtua makin sayang sama kita. Nah,kalo orangtua udah makin sayang,minta apapun InsyaAllah pasti dikasih.

Yang biasanya :
Anak      : Mak,minta duit dong buat beli ciki-ciki, 5 juta.
Ibu         : *lempar alu*

Setelah makin sayang jadi :
Anak      : Mak,minta duit dong buat beli ciki-ciki.
Ibu         : ambil aja nak. Ambil 5 juta ya,kembaliannya buat beli permen kamu.
Super kan? Jangan lupa bagi komisi buat saya.

3. Membaca
Kalo udah ngelaksanain 2 diatas tapi bedug belum bunyi juga,kita bisa ngisi waktu dengan membaca. Bisa baca buku,Koran,atau juga blog. Karena selain menyenangkan,baca juga menambah ilmu. Selain itu kalo baca di blog,kita bisa menambah kerabat dengan member komentar pada postingan,saling sapa dan lain-lain. Apa lagi blogger sekarang makin kreatif,dijamin gak bakal kerasa nunggu bedugnya.

Masih banyak kegiatan-kegiatan yang lain yang bermanfaat,seperti mendengar ceramah diradio,di televisi,ikut pengajian di Mesjid,dan banayk-banyak lagi. Nah,daripada keluar jalan-jalan yang sudah pasti gak dapat pahala,lebih baik kita menambah amal di Bulan Ramadhan ini. Apalagi pahala di Bulan Ramadhan ini dilipat-gandakan. Wuih,rugilah kalo gak beramal sebanyak-banyaknya.

Dan juga saat-saat seseorang mau berbuka adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Jadi perbanyak doa,lebihkan rasa syukur.

Nah,kalo udah ngelaksanain semua diatas tapi bedug belum bunyi juga,coba korek kuping anda. Atau bisa menghubungi saya karena banyak baju saya yang belum dicuci.

Sekian dari saya,semoga berguna bagi saya dan Anda semua. Dan mohon maaf apabila ada salah kata.
Wassalam.

*catatan : Alu adalah sejenis kayu besar untuk menghaluskan sayur. FYI buat yang belum tau.

No comments:

Post a Comment