Saturday, October 10, 2015

Cerpen



Kemarin waktu lagi golek-golek merenungi rahasia kehidupan yang maya ini, gak sengaja liat desktop laptop. Disitu ada folder yang namanya New Folder. Karna emang lagi gak ada kerjaan banget, jadilah akhirnya ngubek-ngubek laptop.


Apparently, If i got 1 dolar for each folder i named “New Folder”, i would be a millionaire. New older dibuka, isinya New Folder, New Folder (2). New Folder (2) dibuka, isinya New Folder, New Folder (2) sama New Folder (3). Gitu terus gak abis abis. Jadi kayakngasih kejutan buat diri sendiri gitu, nebak-nebak isinya apa. (this is an excuse for “really lazy even to write folder name”). Trus kebuka 1 folder yang isinya itu cerpen yang dibuat waktu Kelas 1 SMA. Cerpen yang kalo menurut penulisnya itu masuk kategori serius. Tapi anehnya waktu dikasih liat ke teman sekelas, malah pada ketawa. Sekalian biar gak ilang-ilang lagi jadi diupload ke blog aja ya.

Narasi
Tema     : Cinta Segitiga
Tokoh   : Agung , Fenny , Dedy
Setting  : Kelas X-1, Kantin sekolah , waktu istirahat
Alur      : Maju.Perkenalan -  ketegangan - konflik -  klimaks – resolusi

Cinta membawa petaka

“Teeett” ,bunyi bel tanda istirahat berbunyi.”Uaahhh,nyenyak kali tidurnya” kata Fenny.”Kantin yuk” kata Fenny pada Dedy.”Gak ah.Aku masih mau ngerjain PR untuk minggu depan dulu” jawab Dedy. Fenny pun pergi ke kantin terlebih dahulu.Di tengah jalan Fenny bertabrakan dengan Agung.”Maaf” kata Agung.”Makanya,kalo jalan pake mata dong,jangan pake dengkul!”kata Fenny kasar.”Iya.Maaf,maaf banget.Aku bawa buku banyak banget. Maaf yah”bujuk Agung.”Tak usah la yau”,kata Fenny sambil pergi.Agung hanya terdiam.
D kantin Fenny memesan 3 mie ayam,5 somay,4 minuman kaleng,2 silverqueen,dan 1 kotak tim-tam,lalu dihabiskannya semua itu dalam hitungan detik.”Pua..s”katanya.Tiba-tiba Dedy dating dan duduk di samping Fenny.Cepat” Fenny menjauhkan semua bekas makanannya dari mereka.Dedy berkata “G’ mkan Fen?Tadi di kelas mau ke kantin mulu.Eh disini malah Cuma nongkrong aja”.”G’ punya uang Ded” katanya pura” lemas.”Ya udah pesan aja,nanti aku yang bayarin”,kata Dedy menawarkan.”Lu kasih gue ambil”piker Fenny.Fenny kembali memulai aksinya.Sambil makan mereka berbincang” tentang kehidupan pribadi mereka.”Aku paling suka makan.kalo g’ ya tidur” kata Fenny.”Kalo aku sih hobynya belajar sama nongkrong gitu” kata Dedy.”Kalo gtu kmu pntr dong,kapan” bljar brng ya?” bujuk Fenny. “iya.Tnang aja.Semua soal akan jdi mdah di hdapan Dedy ini.”katanya.
“Pak,brp?”kata Dedy pada mas” penjual.”yang di hitung punya mas iniaja apa ikut ama punya mbak Fenny?”Tanya mas” itu.Tiba-tiba,Agung dating.”ya dua”nya la” kata dedy.”oh,Cuma 450 ribu mas”.”Oh bias” kata Dedy.Di ambilnya dompet,laludilihatbra isinya hanya 5 rbu.Diliriknya Fenny sambil tersenyum seperti senyum terpaksa untuk boker.Fenny merasa aneh dengan sikapnya.”G’ apa,biar saya yang bayar”kata Agung tegas.Penilaian Fenny terhadap Agung berubah 360 derajat.dari -180 ke +180.Fenny langsung kagum kepada Agung,menyamai kagumnya ia kepada kerajinan Dedy.
Keesokan harinya Fenny mendapat surat berwarna pink,disertai mawar merah.Dibukanya surat itu dengan deg”an.Seketika wajahnya memerah,disertai keringat bercucuran.Surat itu dari Dedy yang ingin fenny menjadi miliknya.Di tengah kegalauan hatinya,dating pula 1 surat lagi.kali ini dari Agung.Agung juga ingin fenny menjadi mliknya seorang.fenny benar” bingung.ia tak tau siapa yang akan di pilihnya.kedua suratitu ingin jawabannya besok.Fenny tertidur di tengah kegalauannya.
Keesokan harinya fenny sudah membulatkan tekad.ia akan menemui pujaan hatinya di aula.Dedy dan Agung sudah menunggu.Lalu Fenny mengambil cincin yang sudah disediakan oleh agung dan dedy.dilihatnya wajah kedua orang itu seperti wajah pengantin pria yang akan menikah seperti di film”.lalu di pakainya dengan perlahan-lahan.Agung bersorak girang.trnyata yang di pakainya adalah cincin dari agung.mereka pun berpelukan.Dedy langsung lari ke pinggir aula.lalu ia berkata”jika aku tidak bias memilikmu,maka tidak ada yang lain yang boleh memilikimu!”lalu di tekannya pelatuk pistol yang diarahkan kepada agung.agung tewas seketika.lalu ditembaknya lagi.kali ini kepada fenny.fenny berhasil mengelak.dedt berlari kea rah fenny.di tinjunya perut fenny dan berkata”kau mau menjadi milikku?”fenny berkata dengan lantang”Tidak!”diludahi nya wajah dedy.dedy pun makin geram.Dia berlari ke pinggir aula.diambilnya granat lalu dilemparkan kepada fenny.tubuh fenny hancur berkeping”.lalu di tembaknya kepalanya sendiri dan berkata “ aku menang…!”kisah cinta mereka pun berakhir.



TAMAT

and i just realize, that's really bad for a High School student.

Anyway, waktu itu kan ditulis tangan dibuku, trus dikumpul ke Guru Fisika buat dinilai. Granatnya itu dapat menimbulkan bunyi berapa desibel dan energi yang dikeluarkan berapa joule. Tapi karna variabelnya gak jelas, jadi akhirnya dikasih ke guru Bahasa Indonesia aja. Setelah melewati diskusi dewan juri, voting melalui SMS dan website, serta musyawarah para tetua setempat, akhirnya diputuskan dikasih nilai 8. Dan dibawahnya ada catatan:

Terlalu Heroik


(((T E R L A L U   H E R O I K)))

No comments:

Post a Comment