Friday, April 5, 2013

Tips menghadapi Ujian Akhir (Ujian Nasional maupun Ujian Akhir Sekolah)



Wabillahi taufik walhidayah,Wassalam.
Loh,belum mulai ya? Maaf sosodara…
Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Dengar-dengar ujian Akhir udah mendekat ya? Nah kali ini saya Pecandu nasi yang budiman ini akan memberikan tips dan trik untuk menghadapi Ujian Nasional kepada adek-adek sekalian. Ini gak apa-apa manggil adek kan? Jangan dikira ini modus buat adek-kakak an ya. *Pret

Kayaknya udah banyak yang was-was mau ngadepin UN ya. Mungkin saking was-wasnya ada yang mimpi dikejar-kejar pensil 2B,ada yang kalo ngeliat bakpao aja bawaannya pengen ngehitamin,ada yang nangis-nangis minta balikan sama mantan. Oh,sorry. Kebawa suasana.

Tapi tenang. Itulah gunanya abang disini dek. Biarpun dada abang gak kayak Ade rai,tapi tetap kuat kok buat adek bersandar. Oke ini mulai ngawur. Langsung aja tips buat persiapannya.

PERSIAPAN MENTAL
Mungkin banyak yang anggap sepele persiapan ini. Tapi ini memang penting. Banyak yang mikir “aduh gimana kalo gak lulus ini? Bisa diusir dari rumah ini. Trus ketahuan deh koleksi DVD orang miskin dibawah kasur.” Tenang. UN ataupun UAS gak seseram itu kok. Anggap aja,UN itu Cuma kayak kuis. Bukan. Bukan kuis yang kayak :
Presenter            : Halo,dengan siapa dimana?
Penelpon            : sukirno di sisamalengka,mbhak.
Presenter            : Oke, Su.pertanyaannya adalah Tahun berapa  Indonesia merdeka? A.1945 B.Saya suka
                                  pup sembarangan
Penelpon            : …….

Tapi kuis kayak biasa dikelas. Bukan kuis juga gak apa-apa,yang penting bisa buat kamu rileks tapi tetap siap. Wuih keren juga bahasa saya. Jangan sampe terlalu tegang,sampe bertindak diluar nalar kayak gantung diri di dahan cabe,atau lompat dari atas tempat tidur atau lagi buka durian pake kepala. Pokoknya jangan.

PERSIAPAN OTAK
Nah,untuk ini kayaknya udah pada tau. Biasanya udah banyak yang ikut bimbingan,beli buku soal-soal tahun sebelumnya,dan lain lain,dan seterusnya,dan kawan-kawan. Tapi seperti kata pepatah,gajah mati meninggalkan surat wasiat. Yang artinya kira-kira “SEMUA YANG BERLEBIHAN ITU GAK BAIK”.

Jadi biarpun udah dekat UN,tetap sisakan waktu untuk refreshing. Bisa dengan main game,lucu-lucuan ama temen,dan bakar rumah mantan. Oke,yang terakhir becanda. Karna otak juga perlu istirahat kok. Yang penting tekun belajarnya, dan rutin. Pernah dengar,cara belajar yang bagus itu :
1.       Disekolah dengar guru menerangkan.
2.       Pulang sekolah pelajarannya diulang.
3.       Besok subuh diulang lagi.
Tapi ya namanya anak muda,mau belajar aja udah sukur. Minimal 2 nomor aja udah keren abiezzzzz lah.

PERSIAPAN RAGA
Jaga kesehatan. Itu intinya. Jangan karena sibuk belajar,sampe lupa makan,tidur,dan bernafas. Kalau perlu anda bisa berolahraga. Yang ringan-ringan aja.Contohnya : jogging,senam, Naik turunin alis mata 100x,adu suit sama bapaknya mantan,dan lain-lain.

Sayang kan kalo misal kalian udah hapal mati semua buku. Tiba-tiba Waktu ujian kalian gak kuat ngelingkari jawaban. Cuma bisa nafas sama buang angin doang. Itu miris abis.

TAWAKKAL
Ini juga penting kok. Kita belajar sampe hitam matanya hilang juga,kalo Tuhan gak ngijinin ya gak bakalan jadi. Jangan lupa doa. Pokoknya “BERI 100% DI SEMUA HAL,SISANYA SERAHKAN SAMA TUHAN”. *benerin sarung
Jangan lupa minta restu sama orangtua. Karena restu orangtua adalah restu Tuhan juga. Kalo mau,sama ortu gebetan juga boleh. Sekalian minta restu gitu. *eh

Tips-tips diatas adalah berdasarkan penelitian saya. Semuanya harus diseimbangkan. Jangan doa aja yang dibanyakin,belajar engga. Ataupun sebaliknya. Akhir kata,Semoga kalian semua bisa lulus Ujian Akhir,baik itu Ujian Nasional (UN) ataupun Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan juga diterima di perguruan tinggi idaman masing-masing. Amin.

Oke deh. Kayaknya sekian aja postingannya. Mudah-mudahan aja berguna. Kalo gak berguna,silahkan kasih kritik di kotak komen ya. Wassalam.

No comments:

Post a Comment